Selasa, 12 April 2011

GURUKU

GURUKU
Oleh : Sutrisno,S.Pd.
Semakin berkembang dunia yang didukung oleh kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan, sangat berpengaruh pula akan perkembangan dunia pendidikan. Seiramakah perkembangan kemajuan dunia dalam hal ini masyarakat dengan perkembangan dunia pendidikan dalam hal ini kurikulumnya, karena landasan yuridis dan landasan dalam menentukan arah perkembangan pendidikan di dunia pendidikan adalah dari kurikulum.

Terlihat dari perkembangan masyarakat yang senantiasa dinamis dan selalu berlomba menggali ilmu yang sekarang lebih mudah diakses dan lebih gampang karena sudah terpampang diberbagai bidang. Jika dulu disaat para sesepuh yang selalu bilang pendidikan dijaman “baheula” lebih bagus serta anak-anak didiknya lebih unggul atau kalau mau yang lebih keren lagi lebih “handal” begitu mereka membanggakannya. Memang tidak seluruhnya apa yang mereka para sesepuh katakan itu salah, tetapi juga tidak bisa dikatakan benar semua. Jika dijaman dahulu yang biasa sekolah itu merupakan orang-orang pilihan dari satu kampung atau bahkan satu kecamatan hanya orang satu, itu artinya mereka adalah orang yang benar-benar telah terpilih. Kalau sekarang satu kampung atau satu kecamatan kita pilih satu orang tentu akan kita dapati satu orang yang betul-betul “Handal” bukan?

Terlepas dari semua itu, satu kewajiban guru yang harus dihadapi sekarang adalah :
1. Situasi yang terus berkembang
2. Prediksi anak didik yang sepuluh hingga dua puluh tahun kedepan harus seperti apa.
3. Bagaimana menyediakan situasi pembelajaran yang dapat merangkum berbagai ilmu yang dibutuhkan anak didik kita sehingga dapat dengan sendirinya mereka dengan konsep yang diterimanya dapat diaplikasikannya disegala situasi yang dihadapi.
4. Sikap-sikap yang bagaimanakah yang harus dimuliki guru sehingga akan tetap terus bertahan dengan keadaan jaman yang semakin berkembang dan akan terus berkembang, adakah guru nanti ada saatnya tidak up to date lagi?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar