Kamis, 07 April 2011

RKAS SMP RAWA PITU

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan prasyarat mutlak untuk mencapai tujuan pembangunan. Salah satu wahana untuk meningkatkan kualitas SDM tersebut adalah pendidikan sehingga kualitas pendidikan harus senantiasa ditingkatkan termasuk peningkatan kualitas pendidikan di SMP Rawa Pitu Gedungjaya Kecamatan Rawa Pitu Kabupaten Tulang Bawang
Sejalan dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat terhadap pendidikan anaknya, sekolah ini memerlukan peningkatan dan pengembangan dalam berbagai aspek, misalnya dalam hal kesiswaan, kurikulum dan kegiatan pembelajaran, pendidik dan tenaga kependidikan serta pengembangannya, sarana dan prasarana, keuangan dan pembiayaan, budaya dan lingkungan sekolah, peran serta masyarakat dan kemitraan dalam pendidikan serta lain-lain. Berdasarkan kondisi tersebut, maka perlu kiranya dilakukan upaya penyusunan Rencana Kerja Tahunan Sekolah (RKTS) agar sekolah memiliki rambu-rambu yang bisa dijadikan landasan dalam pengelolaan program, implementasi, monitoring dan evaluasi yang baik, terstruktur dan terukur.
Rencana Kerja Tahunan Smp Rawa Pitu Gedungjaya Kecamatan Rawa Pitu 2010/2011 ini disusun berdasarkan (1) hasil monitoring dan evaluasi pelaksanan Program kerja Tahun Pelajaran 2009-2010, (2) pelaksanaan rencana program dan kegiatan RPS tahun 2009-2010, (3) disesuaikan dengan Permendiknas No. 19/2007 tentang Rencana Kerja Tahunan Sekolah (RKTS) yang dinyatakan dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS). Berkaitan dengan uraian di atas, maka RKTS ini memuat pendahuluan, program kerja tahunan sekolah, rencana anggaran sekolah dan penutup.


B. Tujuan Penyusunan RKTS
Pada dasarnya tujuan penyusunan RKTS ini adalah :
1. Membantu sekolah dalam membelanjakan anggaran secara bijaksana untuk meningkatkan kualitas pendidikan dalam satu tahun.
2. Membantu sekolah dalam merespon tuntutan partisipasi masyarakat, dan
3. Membantu sekolah dalam meningkatkan keterbukaan dan akuntabilitas.

C. Manfaat RKTS
Manfaat RKTS ini dapat diuraikan sebagai berikut :
1. Sebagai acuan bagi sekolah untuk mencapai target-target peningkatan kualitas pendidikan yang akan dicapai dalam jangka pendek,
2. Dapat digunakan sebagai panduan bagi sekolah dalam memanfaatkan subsidi baik subsidi dari pemerintah maupun dari non pemerintah,
3. Sebagai sumber inspirasi bagi seluruh warga sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran, serta
4. Sebagai tolok ukur bagi keberhasilan implementasi berbagai program peningkatan mutu pendidikan di sekolah.

D. Landasan Hukum
1. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional Pasal 4 (Pengelolaan dan pendidikan berdasarkan pada prinsip keadilan, efisiensi, transparansi dan akuntabilitas publik)
2. Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 53 (setiap satuan pendidikan dikelola atas dasar rencana kerja tahunan yang merupakan penjabaran rinci dari rencana kerja jangka menengah satuan pendidikan yang meliputi masa 4 tahun.
3. Permendiknas No. 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan dinyatakan bahwa sekolah/ madrasah membuat (1) Rencana Jangka Menengah yang menggambarkan tujuan yang akan dicapai dalam kurun waktu 4 tahun yang berkaitan dengan mutu lulusan yang ingin dicapai dan perbaikan komponen yang mendukung peningkatan mutu lulusan dan (2) Rencana Kerja Tahunan yang dinyatakan dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah/ Madrasah (RKAS/M) dilaksanakan berdasarkan Rencana Kerja Jangka Menengah.

E. Proses Penyusunan RKTS

BAB II
PROGRAM KERJA TAHUNAN SEKOLAH

2.1 VISI DAN MISI
2.1.1 VISI
MANDIRI, BERBUDI PEKERTI LUHUR, DAN BERPRESTASI
Indikator :
1. Terwujudnya sekolah yang santun serta mampu memberikan
pelayanan pendidikan yang bermutu.
2. Terciptanya warga sekolah yang menjunjung tinggi kedisiplinan,
Tugas dengan penuh rasa tanggung jawab.

2.1.2 MISI
1. Meningkatkan kualitas iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Mahaesa.
2. Meningkatkan kesadaran serta tanggung jawab terhadap peraturan dan tata tertib sekolah.
3. Memberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas.
4. Melengkapi sarana dan prasarana pendidikan.
Pelayanan pendidikan yang bermutu.
5. Terciptanya warga sekolah yang menjunjung tinggi kedisiplinan,

2.2 TUJUAN SEKOLAH
Pada tahun 2014 sekolah memiliki :
1. 75 % siswa mampu melaksanakan ibadah dengan benar sesuai dengan ajaran agama yang dianut.
2. Siswa kelas IX mampu menghafal paling sedikit 15 surat dalam juz amma.
3. 98% Siswa dapat menaati semua peraturan sekolah.
A. Tentang tata tertib sekolah.
B. Tentang pemberian tugas oleh guru.
4. 80% siswa dapat mengikuti program penambahan dan penajaman materi serta berbagai lomba yang diberikan oleh sekolah.
5. Mempunyai Ruang kantor, Ruang UKS, Ruang Pramuka, dan Ruang Perpustakaan.
6. Semua warga sekolah merasa andarbeni terhadap sekolah.

2.3 IDENTIFIKASI TANTANGAN NYATA
Kondisi saat ini :
1. Tantangan Ibadah : Murid yang bersedia jamaah dimusola saat ini : 5% yang diharapkan 75%, maka tantangannya adalah 70%.
2. Siswa Kelas IX sekarang kemampuan menghafal juz Amma rata-rata 5 Surat di Juz Amma. Diharapkan 15 Surat di Juz Amma. Tantangannya adalah : 10 Surat.
3. Siswa yang dapat mengikuti tata tertib dan mengerjakan tugas dari guru berkisar 55% . diharapkan 99%. Tantangannya 44 %.
4. Siswa yang mengikuti kegiatan penambahan dan penajaman materi serta berbagai lomba berkisar 10%. Diharapkan 80%. Tantangannya 70%.
5. Ruang Kantor. Diharapkan Ruang UKS, Ruang Pramuka, Ruang Perpustakaan.
6. Warga sekolah masih belum ikut merasa andarbeni. Diharapkan warga sekolah sudah merasa andarbeni. Tantangannya warga sekolah Andarbeni (merasa ikut memiliki sehingga diharapkan tanggungjawab).

2.4 SASARAN
Tujuan jangka pendek ( 1 Tahun ) berdasarkan tantangan nyata adalah :
1. Murid yang dapat beribadah dimusola (dhzuhur adalah 22,5%)
2. Murid kelas IX mampu menghafal Juz Amma 7 Surat di Juz Amma.
3. Murid yang mengerjakan tugas sekolah dan melaksanakan tata tertib sekolah 66%.
4. Murid yang mengikuti kegiatan penambahan dan penajaman materi serta berbagai lomba berkisar 27,5%.
5. Mampu mengadakan ruang UKS.
6. Sepermpat guru mampu memiliki rasa andarbeni terhadap sekolah.

Dalam menyusun program kerja tahunan sekolah ini meliputi dua kegiatan, yaitu (1) merumuskan program sekolah yang dilakukan melalui empat langkah (a) menetapkan sasaran, (b) merumuskan program dan menetapkan penanggung jawab program, (c) menentukan indikator keberhasilan, dan (d) menentukan kegiatan, dan (2) menyusun jadwal kegiatan.

Berdasarkan uraian di atas maka di bawah ini akan diuraikan tentang :
1. Program Kerja Tahunan Sekolah (RKTS) SMP Rawa Pitu Gedungjaya Kecamatan Rawa Pitu Tahun Pelajaran 2010/2011 yang terdiri dari sasaran, program, indikator, kegiatan dan penanggungjawab.
2. Jadwal Kegiatan Rencana Kerja Tahunan Sekolah Tahun Pelajaran 2010-2011

PROGRAM KERJA TAHUNAN SEKOLAH (RKTS)
SMP RAWA PITU GEDUNGJAYA KECAMATAN RAWA PITU
TAHUN PELAJARAN 2010/2011

A. PROGRAM/ KEGIATAN STRATEGIS
SASARAN PROGRAM INDIKATOR KEGIATAN PENANAGGUNG JAWAB
1. Penyediaan silabus dan RPP untuk mata pelajaran Agama Islam, B. Indonesia, Matematika, IPA, PKn dan IPS Kelas VII s/d IX.
Kurikulum dan Kegiatan Pembelajaran
- 6 orang guru dapat membuat silabus dan RPP untuk mata pelajaran Agama Islam, B. Indonesia, Matematika, IPA, PKn dan IPS kelas VII s/d IX
- Pelatihan 6 orang guru dalam membuat silabus dan RPP untuk mata pelajaran Agama Islam, B. Indonesia, Matematika, IPA, PKn dan IPS kelas VII s/d IX Kepala Sekolah
2. Pelaksanaan proses pembelajaran sesuai RPP untuk semua mata pelajaran kelas VII s/d IX
- 6 orang guru mampu melaksanakan silabus dan RPP untuk mata pelajaran Agama Islam, B. Indonesia, Matematika, IPA, PKn dan IPS kelas VII s/d IX
- Pelatihan pelaksanaan RPP oleh 6 orang guru melalui pembelajaran pear teaching untuk mapel Agama Islam, B. Indonesia, Matematika, IPA, PKn dan IPS kelas VII s/d IX Kepala Sekolah
3. Perbaikan strategi dan metode dalam hal :
a. Penggunaan media/ alat bantu pembelajaran oleh 10 orang guru
b. Penyediaan buku metode dan contoh model pembelajaran siswa aktif untuk 6 orang guru - 6 orang guru kelas VII s/d IX sudah dilatih penggunaan media/ alat bantu pembelajaran

- 6 orang guru memiliki buku metode dan model pembelajaran siswa aktif - Pelatihan penggunaan media/ alat bantu pembelajaran untuk 6 orang guru kelas VII s/d IX


- Pengadaan buku metode dan model pembelajaran siswa aktif untuk 6 orang guru
c. Pelaksanaan pembelajaran di luar kelas untuk siswa kelas VII s/d IX
- Semua siswa kelas VII s/d IX pernah melaksanakan pembelajaran di luar kelas
4. Peningkatan Berbagai sektor
c. Mempertahankan jumlah kelulusan 100%
d. Meningkatkan jumlah kelulusan yang melanjutkan ke SMP diatas 80%
e. Nilai raport siswa kelas dan VII terutama mata pelajaran matematika, B. Indonesia dan PKn
- 6 orang guru sudah dilatih strategi Pakem agar kompeten mengajar untuk semua mata pelajaran
- 6 orang guru mampu melaksanakan pembelajaran yang dapat diminati, memotivasi dan dan membuat siswa aktif serta menyenangkan
- Siswa kelas IX benar-benar berminat, termotivasi dalam belajar dan berpartisipasi aktif dalam pembelajaran

- Orang tua siswa benar-benar membimbing anaknya dalam belajar di rumah
- Ada bimbingan belajar di sekolah
- Siswa kelas IX ikut Try out untuk semua mata pelajaran yang diujikan - Pelatihan pakem untuk 6 orang guru agar kompeten mengajar untuk semua mata pelajaran

- 6 orang guru melaksanakan pembelajaran yang dapat diminati, memotivasi dan membuat siswa aktif serta menyenangkan

- Penyuluhan kepada siswa kelas IX agar tertarik, berminat pada cara-cara KBM yang ada melalui pertemuan 2x setahun

- Penyuluhan kepada orang tua agar aktif membimbing anaknya belajar di rumah melalui pertemuan 2x setahun

- Menambah jam belajar siswa melalui bimbingan belajar di sekolah
- Mengikutsertakan Try out siswa kelas IX sebanyak 6 kali dalam setahun untuk semua mata pelajaran yang diujikan Kepala Sekolah
5. Peningkatan Penajaman akademik dan non akademik meliputi :
a. Penajaman akademik, meliputi :
- Pengadaan berbagai jenis lomba.
- Penambahan jam belajar
- Terwujudnya pelatihan lomba cerdas cermat mata pelajaran umum dan agama sebanyak 24 kali per tahun.
- Siswa mampu menjawab soal-soal latihan mata pelajaran
- Siswa ikut lomba cerdas cermat mata pelajaran umum dan agama - Pelatihan untuk meraih prestasi lomba cerdas cermat mata pelajaran umum dan agama sebanyak 24 kali pertahun
- Mengikuti lomba cerdas cermat mata pelajaran umum dan agama b. Penajaman Nonakademik, meliputi :
- Mengaktifkan kegiatan ektrakurikuler
c. Pengembangan kesiswaan
- Siswa mendapat pelatihan tari dan senam selama 12 kali per tahun dan waktu setiap latihan adalah 2 jam
- Siswa ikut tari dan senam
- Siswa mendapat pelatihan bola voli selama 48 kali pertahun - Pelatihan untuk meraih prestasi lomba tari dan senam selama 12 kali pertahun, satu kali pelatihan adalah 2 jam
- Melatih siswa dalam bidang olah raga bola voli selama 48 kali/tahun

6. Perbaikan kantor
Peningkatan Sarana prasarana
- Terlantai dan tercat dinding
- Melantai dan mengecat Komite
7. Penyediaan buku bahan ajar kontekstual mata pelajaran Agama Islam, dan SBK kelas VII s/d IX - Tersedianya buku bahan ajar yang kontekstual mata pelajaran Agama Islam, B. Indonesia, Matematika, IPA, PKn dan IPS kelas VII sd/ IX untuk 6 orang guru
- Pengadaan buku bahan ajar yang kontekstual mata pelajaran Agama Islam, B. Indonesia, Matematika, IPA, PKn, dan IPS kelas VII s/d IX untuk 6 orang guru Kepala Sekolah
8. Penyediaan buku bahan ajar kontekstual mata pelajaran Agama Islam, dan SBK kelas VII s/d IX untuk guru - Tersedianya buku teks untuk mata pelajaran bahasa Indonesia lengkap sesuai dengan jumlah siswa mulai kelas VII s/d IX sebanyak 100 buku
- Pengadaan buku teks untuk mata pelajaran bahasa Indonesia lengkap sesuai dengan jumlah siswa mulai kelas VII s/d IX sejumlah 100 buku Kepala Sekolah
9. Penyediaan alat bantu pembelajaran kelas VII s/d IX tahun 2010/2011 untuk mata pelajaran : - Tersedianya alat bantu pembelajaran mulai kelas VII s/d IX untuk mata pelajaran Agama Islam, B. Indonesia, matematika, IPA, PKn dan IPS, B. Inggris, Penjaskes, B. Jawa dan KTK - Melengkapi alat bantu pembelajaran mulai kelas VII s/d IX untuk mata pelajaran Agama Islam, B. Indonesia, matematika, IPA, PKn dan IPS, B. Inggris, Penjaskes, B. Jawa dan KTK Kepala Sekolah dan Guru
a. Agama Islam :
1) Sajadah
2) Mukena
3) Peci
4) Buku Iqro’
5) Al Qur’an
6) Al Qur’an dan Terjemah
b. Bahasa Indonesia
3) Kamus
c. Matematika :
1) Bangun data dan bangun ruang
3) Penggaris
4) Metaran rol
5) Dekak-dekak
6) Jangka
7) Poster penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian
d. IPA :
1) Planetarium
2) Alat-alat optik
3) model batu-batuan

e. PKn dan IPS :
1) Peta dunia
2) Peta Indonesia
3) Peta propinsi
4) Globe
7) Atlas
8) Poster rumah adat, tarian adat, senjata-senjata daerah dan pakaian adat

f. Bahasa Inggris :
1) CD pembelajaran
2) Kamus B. Inggris
3) Kamus Gramer
g. Penjaskes :
1) Bola voli
2) Bola kasti
3) Bola sepak dari plastik
4) Bola sepak dari kulit
5) Kaset senam
6) Skipping
i. KTK :
1) Model topeng
10. Peningkatan kondisi sanitasi yang baik dan bersih melalui :
a. Peningkatan kebersihan sampah sekolah
b. Penyediaan alat kebersihan
- Tersedianya tempat pembuangan sampah
- Alat kebersihan tersedia - Membuat tempat pembuangan sampah
- Pengadaan alat kebersihan Kepala Sekolah
11. Peningkatan perolehan dana melalui :
a. Pertemuan dengan wali murid kelas IX sejumlah 41 orang
b. Pembuatan proposal dengan komite sekolah sejumlah 12 orang Keuangan dan Pembiayaan - Pertemuan dengan wali murid kelas VII untuk memperoleh dana dengan jumlah peserta 9 orang terlaksana
- Pertemuan dengan komite sekolah untuk penyusunan proposal pencarian dana dengan jumlah peserta 20 orang terlaksana
- Mengdakan rapat dengan wali murid kelasVII untuk memperoleh dana dengan jumlah peserta sebanyak 65 orang.

- Rapat dengan komite sekolah untuk penyusunan proposal pencarian dana dengan jumlah peserta 20 orang
12. Peningkatan kualiafisikasi pendidikan 3 orang guru melalui penyetaraan S1 PGSD

Pendidikan dan tenaga kependindikan serta pengembangnya - 3 orang guru dapat menyelesaikan pendidikan S1 - Meningkatkan kualifikasi pendidikan 3 orang guru melalui penyetaraan S1 Masing-masing Guru
13. Peningkatan kompetensi kepala sekolah tentang wawasan manajemen berbasis sekolah dan kemampuan memimpin

- Kepala Sekolah sudah dilatih tentang kepemimpinan - Pelatihan kepemimpinan untuk kepala sekolah Kepala Sekolah
14. Peningkatan pemeliharaan taman dan tempat bermain Budaya dan lingkungan sekolah - Pembiayaan pemeliharaan taman dan tempat bermain terwujud
- Pembiayaan pemeliharaan taman dan tempat bermain Kepala Sekolah


15. Penyediaan jadwal pertemuan anggota komite dan peningkatan pelaksanaan peran dan fungsinya melalui pertemuan 2 kali setahun Peran serta masyarakat dan kemitraan - Komite sekolah memiliki jadwal pertemuan dan mampu melaksanakan peran dan fungsinya. - Penyuluhan anggota komite sekolah agar membentuk jadwal pertemuan dan melaksanakan peran dan fungsinya melalui pertemuan 2 kali setahun Kepala Sekolah dan Komite


B. PROGRAM/ KEGIATAN RUTIN
SASARAN PROGRAM INDIKATOR KEGIATAN PENANGGUNG JAWAB
1. Pemenuhan gaji pendidik dan tenaga kependidikan tetap (PNS) sejumlah 4 orang
Pemenuhan gaji pendidik dan tenaga kependidikan - Terpenuhinya gaji pendidik dan tenaga kependidikan tetap sejumlah 4 orang setiap bulan - Penyediaan gaji pendidik dan tenaga kependidikan tetap 10 orang setiap bulan Kepala Sekolah
2. Pemenuhan gaji pendidik dan tenaga kependidikan tidak tetap sejumlah 5 orang
- Terpenuhinya gaji pendidik dan tenaga kependidikan tidak tetap sejumlah 5 orang setiap bulan - Penyediaan gaji pendidik dan tenaga kependidikan tidak tetap 5 Kepala Sekolah
3. Penyediaan alat tulis kantor (ATK)
Penyediaan belanja bahan/ peralatan habis pakai - Alat tulis kantor dan bahan habis pakai tersedia - Pengadaan ATK setiap bulan Kepala Sekolah
4. Penyediaan bahan habis pakai - Alat tulis kantor dan bahan habis pakai selama satu tahun tercukupi
- Pengadaan bahan habis pakai setiap bulan Kepala Sekolah
5. Penyediaan biaya langganan daya dan jasa
a. Listrik
b. Air Minum
Penyediaan biaya operasi pendidikan tak langsung - Sumber daya listrik di sekolah sudah terbayarkan
- Langganan air Minum Guru
- Pembayarakan langganan listrik
6. Penyediaan biaya kegiatan pembelajaran dengan rincian :
a. Tes semestera
b. Pembuatan soal
c. Pencetakan dokumen
naskah ujian
d. Ujian umum harian
e. Ujian akhir sekolah
f. Pengawas ujian
g. Penulisan ijazah
- Biaya tes semesteran, pembuatan soal, pencetakan dokumen soal, ulangan harian, ujian akhir sekolah, pengawas ujian, penulisan ijazah terbayarkan - Pembiayaan penyelenggaraan KBM yang mencakup :
- Tes semesteran
- Pembuatan soal
- Pencetakan dokumen naskah ujian
- Penyelenggaraan ujian akhir sekolah
- Penyelenggaraan ulangan umum harian
- Pengawas ujian
- Penulisan ijazah Kepala Sekolah dan Guru
7. Penyediaan biaya kegiatan kesiswaan dengan rincian :
a. Pramuka
b. PHBN
c. PHBI
d. Lomba
e. Kesenian
f. Olahraga
- Biaya penyelenggaraan kegiatan pramuka, PHBN, PHBI, Lomba mata pelajaran, kesenian dan olah raga terbayarkan - Pembiayaan penyelenggaraan kegiatan kesiswaan :
- Pramuka
- PHBN
- PHBI
- Lomba
- Kesenian
- Olahraga Kepala Sekolah dan Guru
8. Penyediaan biaya rapat sekolah dengan rincian :
a. Rapat pembinaan
b. Rapat semesteran
c. Rapat ujian sekolah
d. Rapat kenaikan
e. Rapat kelulusan
f. Rapat komite sekolah - Kegiatan-kegiatan rapat sekolah yang diprogramkan terlaksana - Penyelenggaraan rapat-rapat sekolah :
- Rapat pembinaan
- Rapat semesteran
- Rapat ujian sekolah
- Rapat kenaikan
- Rapat kelulusan
- Rapat komite sekolah Kepala Sekolah dan Guru


9. Penyediaan biaya pemeliharaan dengan rincian :
a. Pengecatan dan
pengapuran

Penyediaan belanja pemeliharaan - Ruang Kantor Baru
- Memperbaiki Ruang Kantor Kepala Sekolah
10. Penyediaan formulir penerimaan siswa baru tahun 2010/2011 - Tersedianya formulir pendaftaran siswa baru - Menyediakan formulir penerimaan siswa baru Kepala Sekolah

BAB IV
PENUTUP


Rencana Kerja Tahunan Sekolah (RKTS) SMP Rawa Pitu Gedungjaya Kecamatan Rawa Pitu Kabupaten Tulang Bawang ini merupakan dokumen perencanaan jangka pendek yang disusun berdasarkan dokumen Rencana Kerja Sekolah (RKS) jangka menengah (4 tahun) untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Rencana Kerja Tahunan Sekolah ini memuat semua program/ kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2010/2011, baik yang bersifat strategis maupun yang bersifat rutin.
Dari hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan program/ kegiatan tahun 2009/2010 dan hasil kesepakatan para pemangku kepentingan di SMP Rawa Pitu Gedungjaya Kecamatan Rawa Pitu Kabupaten Tulang Bawang, maka perencanaan program/ kegiatan strategis yang akan dikembangkan pada tahun 2010/2011 adalah (1) peningkatan kurikulum dan kegiatan pembelajaran, (2) kesiswaan, (3) sarana prasarana, (4) keuangan dan pembiayaan, (5) pendidik dan tenaga kependidikan, (6) budaya dan lingkungan sekolah dan (7) peran serta masyarakat dan kemitraan.
Dengan adanya RKTS ini sekolah akan lebih mudah melaksanakan pengelolaan program/ kegiatan, implementasi, monitoring dan evaluasi yang baik, terstruktur dan terukur dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di SMP Rawa Pitu Gedungjaya Kecamatan Rawa Pitu Kabupaten Tulang Bawang. Namun demikian, keberhasilan pelaksanaan Rencana Kerja Tahunan Sekolah ini tergantung pada partisipasi semua stakeholder di SMP Rawa Pitu Gedungjaya Kecamatan Rawa Pitu Kabupaten Tulang Bawang.




RENCANA KERJA TAHUNAN SEKOLAH (RKTS)

SMP RAWA PITU GEDUNGJAYA
KECAMATAN RAWA PITU
TULANG BAWANG
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
PEMERINTAH KABUPATEN TULANG BAWANG
DINAS PENDIDIKAN TULANG BAWANG
SMP RAWA PITU GEDUNGJAYA
Jalan Utama No. 002 Kampung Gedungjaya, Rawa Pitu , Tulang Bawang KP 34595 telp 081369530002

HALAMAN PENGESAHAN


RENCANA KERJA TAHUNAN (RKTS)

SMP RAWA PITU GEDUNGJAYA KECAMATAN RAWA PITU
KABUPATEN TULANG BAWANG
TAHUN PELAJARAN 2010/2011


Disusun oleh KK – RKTS yang terdiri dari :

1. Sutrino, S.Pd. (Kepala Sekolah)
2. Sarnoto, A.Ma.Pd. (Guru)
3. Zainuddin (Guru)
4. Tukijan, S.Pd (Sekretaris Komite)


Disetujui :
Di Rawa Pitu , 12 Juli 2010



Kepala SMP Rawa Pitu Gedungjaya Ketua Komite Sekolah
SUTRISNO, S.Pd. SOHIBUN


Disahkan :
Di Tulang Bawang, 12 Juli 2010

Kepala Dinas Pendidikan Pengawas SMP,
Kabupaten Tulang Bawang,





Drs. REKSI EDWARD
Pembina Utama Muda
NIP 19551224 198103 1 004


KATA PENGANTAR

Puji syukur penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmad serta hidayah Nya, sehingga buku Rencana Kerja Tahunan Sekolah (RTKS) SMP Rawa Pitu Gedungjaya Kecamatan Rawa Pitu Kabupaten Tulang Bawang Tahun Pelajaran 2010/2011 dapat diselesaikan tanpa halangan yang berarti.
Tujuan penyusunan Rencana Kerja Tahunan Sekolah ini adalah sebagai acuan dalam rangka pelaksanaan program/ kegiatan tahunan sekolah yang pelaksanaannya didasarkan pada keefektifan dan keefisienan memanfaatkan sarana dan prasarana, pendanaan dan sumber daya yang ada.
Dapat dipahami bahwa keberrhasilan pelaksanaan Rencana Kerja Tahunan Sekolah (RKTS) ini sepenuhnya tergantung dari partisipasi aktif pada pemangku kepentingan yang terdiri dari Kepala Sekolah, guru, karyawan, orang tua/ wali murid dan masyarakat di SMP Rawa Pitu Gedungjaya Kecamatan Rawa Pitu Penyusun menyadari penuh bahwa apa yang tersaji dalam buku Rencana Kerja Tahunan Sekolah ini masih banyak kekurangan-kekurangan, seperti kata pepatah “Tiada gading yang tak retak” oleh karena itu kritik dan saran dari pembaca selalu diharapkan demi kesempurnaan buku ini.
Akhir kata penyusun menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu mewujudkan buku Rencana Kerja Tahunan Sekolah (RKTS) ini, khususnya pada seluruh stakcholder yang telah membantu sekolah kami dalam hal palatihan, bimbingan, pembinaan dan pendanaan sepanjang penyusunan RKTS ini berlangsung. Semoga Alllah SWT membalas budi baik kita semua amin.

Gedunjaya , Juli 2010
Penyusun RKTS


DAFTAR ISI

Halaman
HALAMAN JUDUL i
HALAMAN PENGESAHAN ii
KATA PENGANTAR iii
DAFTAR ISI iv
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang 1
B. Tujuan Penyusunan RKTS 2
C. Manfaat RKTS 2
D. Landasan Hukum 2
E. Proses Penyusunan RKTS 3
BAB II PROGRAM KERJA TAHUNAN SEKOLAH (RKTS) 4
A. Program Kerja Tahunan Sekolah (RKTS) SMP Rawa Pitu Gedungjaya Kecamatan Rawa Pitu Tulang Bawang Tahun Pelajaran 2010/2011 5
B. Jadwal Kegiatan Rencana Kerja Tahunan Sekolah Tahun Pelajaran 2010/2011 16
BAB III RENCANA ANGGARAN SEKOLAH 19
A. Rencana Biaya dan Sumber Pendanaan SMP Rawa Pitu Gedungjaya Kecamatan Rawa Pitu Tulang Bawang Tahun 2010/2011 20
B. Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) Tahun 2010/2011 25
BAB IV PENUTUP 27
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1. Hasil Evaluasi Pelaksanaan Program/ Kegiatan Tahun 2009/2010
2. Profil Sekolah

3 komentar: